Jumat, 29 November 2013

ADA APA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI MAGELANG?


ADA APA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI MAGELANG?
Oleh : Islachul Imam

Lembaga Pendidikan yang berbasis agama Islam kini sangat diminati dan menjadi pilihan favorit para orangtua di Indonesia untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah Islam. Di karenakan sekolah Islam mempunyai program pendidikan yang mengacu pada pembinaan akhlak terhadap siswa serta guru-guru yang mampu menampilkan kepribadian yang baik bagi siswa-siswanya dan bias dijadikan contoh karena perilaku religiusitas guru disekolah Islam cenderung bagus.
Namun itu tidak terjadi di kabupaten Magelang, karena dikabupaten Magelang sekolah berbasis Islam atau madrasah belum ada yang menjadi pilihan favorit di kabupaten Magelang.
Hal itu terjadi karena pandangan masyarakat tentang sekolah Islam mungkin masih sama dengan sekolah biasa, karena yang terjadi saat ini peran pendidikan Islam belum mampu membentuk peserta didik yang memiliki akhlak positif.
Namun yang terjadi saat ini peran pendidikan belum mampu membentuk peserta didik yang memiliki akhlak positif. Misalnya dari segi perilaku siswa yang kurang mencerminkan nilai-nilai atau tatanan yang berlaku di masyarakat, siswa sering berkata kotor, suka membolos, kurang disiplin dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan perilaku siswa di sekolah.
Hal ini tidak sepenuhnya disebabkan oleh sifat anak, tetapi banyak faktor yang mempengaruhi peserta didik untuk berperilaku sebagaimana tersebut, antara lain dapat dikarenakan oleh teman sejawat, lingkungan dan dari pendidik pun memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk akhlak peserta didik.
Lalu apakah yang salah dengan sekolah-sekolah berbasis Islam di Magelang? Apakah Masyarakat yang buta dan materialistis atau bagaimana? Mari kita sama-sama renungkan hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar